1. CALEG DPR RI DAPIL KALIMANTAN TIMUR NO. URUT 1

2. Ketua Lembaga Kajian Sosial Ekonomi-Wilayah Kalimantan Timur

3. Ketua Lembaga Pengawasan Pemekaran Kalimantan Timur

4. Ketua Forum Redam Korupsi (FORK)-Cabang Kalimantan Timur

5. Koordinator Konsultasi Hukum bagi Rakyat-Wilayah Kalimantan Timur

Jumat, 11 Oktober 2013

Siapakah Koruptor Pertama Di Indonesia?

Entah kapan Korupsi menjadi sebuah gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia. Menjadi cita-cita. Menjadi impian sebagian kecil masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui bahwa perilaku Korupsi adalah tindak kejahatan.
Barangkali saat kali pertama dilakukan, perilaku Korupsi tidak banyak merugikan orang lain. Dan mungkin saja saat pertama kali korupsi dilakukan, pelakunya merasa bangga dan berkata, “Carilah pekerjaan seperti saya, enak bisa korupsi”. Saat ini pun saya yakin kalimat tersebut masih berlaku, meskipun dengan kalimat yang tidak sama persis.
Barangkali saat itu Korupsi bukan sesuatu yang dilarang. Seperti ketika ada seorang sahabat nabi yang melakukan Shalat dalam keadaan mabuk. Barulah kemudian turun ayat melarang meminum minuman keras.
Tak mudah memang mencari tahu sejak kapan ada Koruptor pertama di dunia. Tak usah jauh-jauh di dunia, di Indonesia saja sungguh sangat sulit menemukan siapakah Koruptor pertama.
Atau barangkali Koruptor pertama bukanlah manusia melainkan tikus. Ya, tak salah lagi, Koruptor pertama di Indonesia adalah seekor Tikus. Benarkah?. Tikuslah sebenarnya makhluk yang pertama kali melakukan Korupsi, sehingga saat ini Koruptor sering diidentikkan dengan Tikus.

Koruptor Pertama
Apa anda yakin ini adalah Koruptor pertama?
Atau kita perlu bertanya kepada kartunis atau penulis yang pertama kali menggunakan istilah Tikus=Koruptor? Tapi siapakah mereka.

Apa perlu bertanya kepada Bang Iwan Fals, yang pernah menulis lagu Tikus-tikus Kantor?. Ya, mungkin saja beliau tahu. Tapi saya masih ragu, karena konon korupsi sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda.
Mungkin saja memang benar Tikuslah sesungguhnya Inspirator sejati para Koruptor. Tapi kalau Tikus dituduh sebagai Koruptor pertama tanpa bukti, ini sama saja memfitnah makhluk Tuhan.
Apalagi ketika saya cari informasi di Wikipedia, Tikus adalah mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. Spesies tikus yang paling dikenal adalah mencit (Mus spp.). Tidak ada satu katapun yang mengatakan bahwa Tikus adalah Koruptor Pertama di Indonesia. Lalu siapakah sebenarnya Koruptor pertama di Indonesia?. Sulit untuk dijawab.
Tapi siapapun makhluknya, kita perlu “berterimakasih” kepadanya, karena berkat beliaulah Korupsi tersebar di Indonesia. Beliau adalah motivator, inspirator para Koruptor. Seandainya Koruptor pertama tersebut tidak melakukan korupsi, tak mungkin ada perilaku Korupsi yang sedemikian hebatnya melanda bangsa Indonesia. Tak mungkin ada Korupsi yang turun temurun.
Seandainya saja para Koruptor itu tahu siapakah Koruptor pertama di Indonesia, mungkin saja mereka akan membuat patung Koruptor pertama di rumah mereka. Lalu dengan bangga mereka mengatakan “Inilah Sumber Inspirasiku”.
Mudah-mudahan Koruptor pertama di Indonesia bisa ditemukan, sehingga para Koruptor memiliki tokoh idola yang sesuai dengan mereka.